Loading
X
Selamat Datang di Portal Resmi Dinas Ketahanan Pangan Bojonegoro © 2014
BAHAN PANGAN LOKAL LEBIH MURAH DAN LEBIH SEHAT

 

Bukan hanya lebih bersahabat dari segi harga, memilih bahan pangan lokal juga punya banyak keuntungan bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja di antaranya?

1. Lebih segar dan kualitasnya lebih prima

Bahan pangan lokal tidak perlu didatangkan dari tempat jauh sehingga tidak makan waktu terlalu lama di perjalanan. Selain itu, bahan pangan lokal juga dipanen dalam kondisi puncak (sudah matang betul) untuk kemudian dijual kepada konsumen. Beda dari bahan pangan impor yang sering kali dipanen sebelum matang untuk mempertahankan kesegarannya.

(Sumber: www.pixabay.com)2. Zat nutrisi diserap secara lebih efektif

Bentuk ikatan karbon pada bahan pangan di suatu tempat akan mirip dengan ikatan karbon manusia yang bermukim di sekitar tempat tumbuhnya. Karenanya, zat-zat nutrisi yang terkandung di dalam makanan akan dapat diserap tubuh secara lebih efektif dibandingkan ketika manusia tersebut mengonsumsi bahan pangan yang datang dari tempat jauh.

 

(Sumber: www.pexels.com)3. Cegah penyakit degeneratif

Makanan impor (yang sudah lama berada di perjalanan) sudah kehilangan banyak enzim yang diperlukan agar dapat dicerna secara sempurna di dalam tubuh. Akibatnya, zat-zat sisa yang dihasilkan akan lebih banyak sehingga menghambat distribusi oksigen dan nutrisi di dalam tubuh. Ujung-ujungnya, kerja organ tubuh bisa terganggu dan muncul keluhan penyakit degeneratif, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes.

(Sumber: www.pixabay.com)4. Bentuk solidaritas terhadap produsen pangan lokal

Dengan memilih produk pangan lokal, kita bisa sekaligus mewujudkan kepedulian dan solidaritas kepada petani, nelayan, peternak, dan produsen bahan pangan lokal lain. Daripada membeli dari negara tetangga, lebih baik membantu menyejahterakan produsen pangan lokal di negeri sendiri, bukan?

 

Source : Gendhis Supraba https://womantalk.com/news-update/articles/bahan-pangan-lokal-ternyata-lebih-murah-dan-lebih-sehat-yaOLn